Sambutan Rektor

Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Kasih oleh Anugerahnya sehingga Petunjuk Teknis Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Universitas Negeri Manado (Unima) telah diselesaikan. Buku-Buku Petunjuk Teknis MBKM Unima di dalam website ini, memberikan panduan praktis dalam penyelenggaraan untuk pelaksanaan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Unima. Diterbitkannya Permendikbud Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi dan Buku Panduan Merdeka Belajar Kampus Merdeka oleh Direktorat Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Tantangan yang dihadapi mahasiswa di era revolusi industry 4.0 sangat berbeda dengan generasi sebelumnya. Tiga gelombang disrupsi Revolusi Industri 4.0 terhadap Pendidikan yaitu disrupsi milenial, disrupsi teknologi dan disrupsi kompetensi. BKP MBKM menjadi solusi cerdas dalam mempersiapkan generasi saat ini beradaptasi dan unggul menghadapi era disrupsI, yang sesuai dengan visi Unima “UNIMA UNGGUL DAN INOVATIF BERDASARKAN MAPALUS”.

BKP MBKM merupakan program belajar yang mengakomodasi pemenuhan hak belajar mahasiswa di perguruan tinggi. Mahasiswa mengikuti proses pembelajaran di perguruan tinggi, termasuk di Unima, dengan mengikuti seluruh proses pembelajaran dalam program studi pada PT sesuai masa dan beban belajar; dan mengikuti proses pembelajaran di dalam program studi untuk memenuhi sebagian masa dan beban belajar dan sisanya mengikuti proses pembelajaran di luar program studi. Mahasiswa diberikan ruang dan kesempatan untuk mengembangkan softskill dan hardskill sesuai passion mereka masing masing. Untuk mengakomodasi BKP MBKM, Unima akan secara aktif memfasilitasi mahasiswa untuk mengembangkan kapabilitasnya melalui pengembangan dan implementasi kurikulum. MBKM Unima dikembangkan dan diimplementasikan dengan menggunakan pendekatan belajar berbasis kehidupan, kapabilitas, dan transdisipliner berdasarkan budaya mapalus. Implementasi kurikulum ini dilakukan dengan mengintegrasikan di dalam Sistem Informasi Akademik (SI) Unima.

Dalam rangka memaksimalkan implementasi MBKM baik flagship maupun mandiri, pada tahun 2021 Unima Menyusun Petunjuk Teknis MBKM untuk melengkapi Panduan Merdeka Belajar Unima yang sudah dibuat pada tahun 2020. Petunjuk Teknis ini merupakan panduan praktis yang melengkapi Buku panduan Merdeka Belajar Unima, sebagai bentuk penjabaran dari kebijakan dalam Standar Nasional Pendidikan Tinggi Tahun 2020, Buku Panduan Merdeka Belajar, dan sumber-sumber lain yang mendukung implementasi MBKM di Unima. Tim Pengembang Petunjuk Teknis MBKM Unima atas kerja kerasnya sehingga panduan ini dapat terwujud. Selanjutnya, panduan ini digunakan sebagai acuan penyelenggaraan dan pelaksanaan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Universitas Negeri Manado.

 

Tondano, 31 Januari 2022

Rektor,

Prof. Dr. Deitje Adolfien Katuuk, M.Pd

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *