UNIMA Terus Aplikasikan Merdeka Belajar – Kampus Merdeka

Program dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Merdeka Belajar, Kampus Merdeka (MBKM) terus diaplikasikan Universitas Negeri Manado (UNIMA). Rektor UNIMA, Prof Dr Deitje Adolfien Katuuk MPd, sangat concern dengan implementasi kebijakan MBKM.

Ketua UPT PPL UNIMA, Prof Dr Herry Maurits Sumampouw mengatakan, saat ini MBKM di UNIMA sudah memasuki tahun kedua. UNIMA juga telah memiliki peraturan rektor tentang interaksi kebijakan MBKM.

“UNIMA telah menerapkan MBKM dalam kegiatan pembelajaran. UNIMA telah memiliki peraturan rektor tentang interaksi kebijakan MBKM baik mandiri maupun Flagship,” ungkapnya.

Prof Herry Sumampouw melanjutkan, implementasi mbkm di unima juga turut di bagikan kepada perguruan-perguruan tinggi lain, baik di Sulawesi Utara maupun di beberapa perguruan tinggi lainnya di indonesia.

“Kegiatan-kegiatan MBKM yang telah dilakukan oleh UNIMA diantaranya pertukaran mahasiswa merdeka, magang bersertifikasi, kampus merdeka, dan KKN Tematik. Implementasi MBKM di UNIMA juga turut dishare ke perguruan tinggi lainnya, kemarin di UNSRIT ada kerjasama, ada dari IKIP Saraswati di Tabanan Bali,” jelasnya.

Tujuan Kebijakan Merdeka Belajar – Kampus Merdeka, program “hak belajar tiga semester di luar program studi” adalah untuk meningkatkan kompetensi lulusan, baik soft skills maupun hard skills, agar lebih siap dan relevan dengan kebutuhan zaman, menyiapkan lulusan sebagai pemimpin masa depan bangsa yang unggul dan berkepribadian. Program-program experiential learning dengan jalur yang fleksibel diharapkan akan dapat memfasilitasi mahasiswa mengembangkan potensinya sesuai dengan passion dan bakatnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *